Aqidah

Aqidah

Portal Islam

Apr 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Doa dan Bacaan Sholat Jenazah: Mengucapkan Selamat Jalan dengan Hati yang Khusyuk

Doa dan Bacaan Sholat Jenazah: Mengucapkan Selamat Jalan dengan Hati yang Khusyuk

portalislam - Sholat jenazah terdiri dari empat rakaat dan sederet doa yang dilantunkan secara berurutan. Pertama, kita membaca takbir sebagai tanda dimulainya sholat, kemudian membaca doa iftitah yang bertujuan untuk membuka sholat dengan hati yang ikhlas dan khusyuk.

Setelah itu, kita melantunkan doa khusus untuk jenazah yang kita doakan, bersam dengan kesadaran bahwa hidup di dunia hanya sementara dan Allah SWT adalah Sang Pemilik sejati atas semua yang ada.

Doa-doa dalam sholat jenazah memiliki peran penting dalam mengucapkan selamat jalan kepada saudara kita yang telah meninggal dunia. Beberapa doa yang dibaca dalam sholat jenazah antara lain doa takbir, doa tahiyatul-masjid, doa selamat, doa untuk mayit, dan doa pengiring jenazah.

Doa takbir adalah doa yang pertama kali dibaca saat melaksanakan sholat jenazah. Dalam doa ini, kita mengucapkan takbir sebagai tanda kesyukuran dan penghormatan terakhir kepada mayit. Doa takbir ini membawa makna tentang keagungan Tuhan dan mengingatkan kita akan keterbatasan hidup di dunia ini.

Selanjutnya, doa tahiyatul-masjid juga dibaca dalam sholat jenazah. Doa ini merupakan bentuk penghormatan kepada masjid sebagai tempat ibadah yang suci. Dalam doa ini juga kita memohon ampunan dan keberkahan dari Allah untuk mayit yang telah meninggalkan dunia ini.

Doa selamat merupakan doa yang diucapkan untuk memberikan doa dan harapan yang baik kepada mayit. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah agar merahmati dan mengampuni segala dosa yang pernah dilakukan oleh mayit. Doa selamat ini juga mengingatkan kita untuk senantiasa berdoa dan memberikan kebaikan kepada orang yang telah meninggal dunia.

Selanjutnya, doa untuk mayit juga menjadi bagian penting dalam sholat jenazah. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah agar memberikan tempat yang terbaik bagi mayit di akhirat. Doa ini juga menjadi momen bagi kita untuk merenung dan berintrospeksi atas hidup kita sendiri, serta memohon ampunan dan keberkahan dari Allah.

Terakhir, doa pengiring jenazah adalah doa yang dibaca saat mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya. Doa ini adalah doa untuk melindungi mayit dari segala gangguan dan bahaya selama perjalanan menuju ke tempat penguburan. Doa pengiring jenazah ini juga menjadi momen untuk mengucapkan terima kasih dan mengirimkan doa terakhir kepada saudara kita yang telah meninggal dunia.

Doa-doa dalam sholat jenazah merupakan ekspresi penghargaan, kehormatan, dan doa yang tulus kepada mayit. Dalam melaksanakan sholat jenazah, kita diingatkan akan keterbatasan hidup ini dan bahwa kematian adalah bagian yang pasti dalam kehidupan.

Dengan membaca doa-doa tersebut, kita berharap mayit mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah dan kita juga dapat belajar untuk menghargai hidup kita sendiri serta menjalin kerjasama dengan sekitar kita dengan lebih baik.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here