Panduan Praktis Sholat Jenazah: Langkah Mudah dalam Menunaikan Kewajiban

Panduan Praktis Sholat Jenazah: Langkah Mudah dalam Menunaikan Kewajiban

Smallest Font
Largest Font

portalislam - Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Muslim saat ada seorang Muslim meninggal dunia adalah menunaikan shalat jenazah. Shalat jenazah merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dan harus dilakukan dengan penuh khidmat. Namun, tidak sedikit orang yang masih bingung tentang tata cara melakukan shalat jenazah yang benar.

Tata Cara Shalat Jenazah

Tata cara shalat jenazah terdiri dari beberapa langkah yang harus diikuti secara berurutan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah dalam menunaikan shalat jenazah:

  1. Niat

Langkah pertama dalam menunaikan shalat jenazah adalah berniat untuk melaksanakan ibadah ini dengan ikhlas karena Allah SWT. Niat dilakukan dalam hati tanpa diucapkan secara lisan. Niat ini harus menjadi dasar utama dalam melaksanakan shalat jenazah agar mendapatkan pahala yang maksimal.

  1. Takbiratul Ihram

Setelah berniat, langkah selanjutnya adalah mengucap takbiratul ihram. Takbiratul ihram adalah ucapan "Allahu Akbar" yang mengindikasikan dimulainya shalat jenazah. Takbiratul ihram ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sampai setinggi telinga lalu menempatkannya di hadapan dada sambil meletakkan tangan kiri di atas tangan kanan.

  1. Membaca Doa Tawbah

Setelah takbiratul ihram, dilanjutkan dengan membaca doa tawbah. Doa tawbah ini berfungsi sebagai permohonan ampunan atas segala dosa yang pernah dilakukan oleh mayat atau orang yang melakukan shalat. Doa tawbah ini dapat dilafalkan secara lisan atau dalam hati.

  1. Membaca Doa Tahmid

Setelah membaca doa tawbah, dilanjutkan dengan membaca doa tahmid. Doa tahmid ini berfungsi sebagai bentuk pengagungan dan pujian kepada Allah SWT. Doa tahmid juga dapat dilafalkan secara lisan atau dalam hati.

  1. Membaca Doa Istiftah

Setelah doa tahmid, dilanjutkan dengan membaca doa istiftah. Doa istiftah adalah doa pembuka yang digunakan sebagai permohonan bantuan dan petunjuk Allah SWT dalam melaksanakan shalat jenazah. Doa istiftah dapat dilafalkan secara lisan atau dalam hati.

  1. Membaca Surat Al-Fatihah

Setelah membaca doa istiftah, dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah merupakan surat yang harus dibaca dalam setiap rakaat shalat jenazah. Surat ini dapat dilafalkan secara lisan atau dalam hati.

  1. Membaca Doa Qunut

Setelah membaca surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan membaca doa qunut. Doa qunut adalah doa yang khusus dibaca dalam shalat jenazah. Doa ini berisi permohonan ampunan, perlindungan, dan rahmat Allah SWT bagi mayat atau orang yang telah meninggal dunia. Doa qunut dapat dilafalkan secara lisan atau dalam hati.

  1. Salam

Setelah membaca doa qunut, shalat jenazah diakhiri dengan melakukan salam. Salam dilakukan dengan mengucapkan "Assalamu'alaikum Warahmatullah" ke kanan dan ke kiri sekali.

Itulah tata cara shalat jenazah yang perlu diketahui dan diikuti dengan baik. Dengan mengikuti panduan praktis langkah demi langkah di atas, diharapkan umat Muslim dapat melaksanakan shalat jenazah dengan benar serta mendapatkan pahala yang berlimpah.

Penting untuk diingat bahwa shalat jenazah adalah ibadah yang wajib dilakukan sebagai tanda penghormatan terakhir bagi orang yang meninggal dunia. Oleh karena itu, mari kita senantiasa mempelajari dan mengingat tata cara shalat jenazah ini agar kita dapat menghormati dan mendoakan mereka yang telah berpulang ke Rahmatullah dengan sebaik-baiknya.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow